Skip to main content

Manfaat Buah Jamblang

Lagi jalan jalan ke kebun lihat tanaman buah nemu buah duwet atau buah jamblang, ternyata buah ini banyak juga ya manfaatnya bagi kita bahkan mungkin tidak akan kita duga sebelumnya karena buah ini biasanya dibiarkan begitu saja karena pohonya yang tinggi jadi sulit untuk mengambil buahnya harus memakai bantuan galah atau bamboo panjang.



Buah jamblang atau sering disebut buah duwet adalah buah yang memiliki rasa yang unik dan dengan tampilan yang menawan. Namun sayangnya buah ini kini jarang ditemukan bisa dikatan sulit dan kalau tidak salah sudah termasuk kedalam golongan buah yang langka karena termasuk jarang dibudidayakan.

Ada banyak sebutan untuk buah yang satu ini dijawa dikenal denagn nama juwet atau duwet, di minag disebut jambu kalang di aceh disebut jambe kleng dibetawi dan sunda disebut jamblang  dan masih banyak lagi namun di inggris buah ini dikenal dengan nama java pulm dan di filiphina disebuat duhat. Ternyata macam macam ya sebutanya beda daerah beda negara beda namnaya. Tapi manfaatnya tetep sama.



Bagi yang menyukai buah ini akan menemukan rasa yang unik karena rasa buah ini kadang manis, sepet, juga pahit. Meski begitu kandungan nutrisi yag terdapat dalam buah ini begitu berlimpah. Khasiatnya untuk terapi penyembuhan penyakit lumayan banyak. Hal ini dikarenakan buah jamblang mengandung beberapa senyawa kimia yang sangat berguna bagi kesehatan. Berikut beberapa khasiat dari buah jamblang atau duwet.

1 Anti diabetes

Buah jamblang mengandung senyawa kimia seperti jambosin, alkaloid, dan juga glikosida jambolin yang merupakan senyawa anti diabetes yang akan bekerja membantu memecah gula menjadi energy sehingga kadar gula dalam darah menjadi lebih stabil. Sehingga jauh jauhlah si diabetes. Jadi kesimpulannya buah jamblang bisa digunakan sebagai bahan alami obat diabetes, baaik sebgai pencegah maupun untuk mengobati.

2 Anti kanker

Buah jamblang ternyata memiliki kadar anti oksidan yang tinggi sehingga buah ini menjadi salah satu herbal anti kanker yang paling di cari. Antioksidan bekerja mengikat sel radikal bebas yang menjadi pemicu tumbuhnya sel kanker. Antioksidan yang terkandung dalam buah ambling adalah polifenol dan antosianin.

3 Menjaga kesehatan jantung

Buah jamblang sangat baik dikonsumssi oaleh mereka yang ingin memiliki kondisi jantung yang sehat, ini karena dalam buah jamblang terkandung unsure kalium yang tinggi. Karena setiap 100 gram buah jamblang mengangung 55 mg kalium. Sehingga selain dapat membantu menjaga kesehatan jantung buah jambalng juga berkhasiat untuk menegah terjadinya penyakit stroke dan tekanan darah tinggi.

4 Meningkatkan imunitas

Selain kalium dan antioksidan buah jamblang juga kaya akan nutrisi dan vitamin yang sangat penting bagi peningkatan imunitad atau kekebalan tubuh kita. Nutrisi tersebut antara lain garam, gula, kalsium, protein, mineral, dan vitamin c. jadi jika tubuh merasa meriang makanlah buah jamblang agar tubuh tidak demam.

5 Membuat kulit tampak awet muda

Kaya dengan senyawa antioksidan dan vitamin C menjadikan buah jamblang juga berkhasiat membantu pembentukan kolagen di dalam kulit. Mengkonsumsi buah jamblang bisa membuat seseorang awet muda dan tampil cantik.

6 Anti Bakteri

Buah jamblang memiliki senyawa anti bakteri yang cukup efektif membunuh bakteri dalam tubuh. Banyak bukti kalau ternyata buah ini mampu membunuh bakteri saat diare, infeksi mulut, infeksi kulit, dan sebgainya. Selain itu banyak kandungan nutrisi dalam buah ini membuat nya juga berkhasiat mengatasi masalah pencernaan, asma, masalah tenggorokan, masalah gigi dan gusi, menghancurkan kolesterol jahat, mengatasi batuk, menyembuhkan nyeri  lambung, dan masih banyak yang lainya.


Buah jamblang dalam kondisi segar bisa dimakan secara langsung atau bisa juga dengan ditemani garam atau gula sebagai penmabha rasa. Tapi entah mengapa buah ini sekarang sulit ditemui dan semakin jarang orang membudidyakannya pada hal kalau dilihat dari manfaatnya banyak sekali semoga masih ada yang mau membudidyakannya.

Comments

Popular posts from this blog

Semangat Diri

selamat datang di blogku ini adalah tulisan pertama aku, aku akan menulis tentang semangat diri yaitu semangat untuk diri sendiri. diri kita adalah makhluk yang unik dan fleksibel ada kalanya kita lemah ada kalanya kita kuat ada kalanya kita suah dan ada kalanya kita senang dan gembira. bagaimana kita menyemangati diri kita sendiri tanamkanlah bahwa kita bisa melakukan semuanya walaupun kenyataanya tidak demikian tapi untuk menyemangati diri kita tidak apa apa kita seoalah olah bisa melakukan semuanya. ketiak kita down atau berada pada titik dimana kita sudah hampir menyerah berbicaralah pada diri kita bahwa kita bisa lakukan apa saja dan serahkan semua pada hasil akhirnya dan apa bila hasil akhirnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan jangan kecewa yang penting kita sudah berusaha. Terus tanamkan pada diri kita untuk selalu melakukan usaha dan berdoa karena usaha tanpa doa adalah kosong dan doa tanap usaha adalah bohong. ada yang bilang tidak ada usaha yang menghianati hasi

KERAJINAN DARI BAMBU

Setelah kemarin menulis bambu bisa di jadikan rumah kali ini aku akan menuliskan manfaat bambu yang lainya yaitu sebagai kerajinan tangan. jangan haeran jika anda melancong ke indonesia akan banyak menemui pernak pernik dari bambu mulai dari kursi, tempat tidur, tempat makan, wadah saji, lampu, lampu hias dan masih banyak lagi yang terbuat dari bambu, dan ini banyak kita jumpai hampir di semua tempat di tanah air ini menggunakan bambu. Bambu bukan saja sebagai tanaman pelindung tapi juga sebagai tempat untuk menggantungkan hidup banyak sekali kerajinan yang terbuat dari bambu, ragamnya juga sangat banyak dan setiap daerah akan mempunyai keunikan sendiri sendiri. Untuk membuat kerajinan bambu ini dipotong sesuai ukuran yang diperlukan, ada yang dibuat utuh ada juga yang dibelah dan dibentuk sesui dengan keinginan disini yang di perlukan adalah kreatifitas dari sang pembuat kerajinan amu di apakan bambu ini, mau di bentuk seperti apa. Orang indonesia adalah orang yang k