Skip to main content

Pacar air dan khasiatnya



Sering lihat tanaman ini jadi penasaran apa bisa di manfaatkan ya dan ternyata setalah cari cari tanaman yang di sebut pacar air ini memang bisa dimanfaatkan, dan ternyata manfaatnya juga banyak guys seolah tak percaya padahal tanaman ini sering di jabut dan dibuang begitu saja karena kalau sudah banyak dianggap tanaman penganggu.

Tanaman pacar air atau bahasa latinya impatiens balsaminal. Umumnya tanaman ini di pelihara sebagai tanaman hias karena bunganya yang cantik tapi sering juga kita menemukan tanaman ini tumbuh liar. Tanaman ini amat sangat mudah untuk di kembangbiakkan apalagi biji dari tanaman pacar air ini apabila sudah agak menguning  yang menandakan bijinya sudah tua maka penutup bijinya akan pecah dengan sendirinya. Hal tersebut yang menyebabkan tanaman pacar air ini dapat dengan mudh bertambah banyak.

Walau hanya menjadi tanaman hias tapi dibalik itu tanaman pacar ini ini ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan guys. Karena bunga tanaman ini memeiliki kandungan seperti anthocynanin, cynidin, delphinindin, pelargonidin, malvidun, kaempherol, quercetin. Sednagkan unutk bagian akar mengadung cynidin, dan monoglycosine. Di sekitar rumah dulu banyak sekali tanaman ini tumbuh biasanya sama anak anak perempuan daunya akan dilumatkan dengan batu lalau di tempelkan di kuku jari. Daun tanaman ini memang biasa digunakan sebagai perwarna kuku atau kuteks. Menggunkankutes dari bahan alami tentunya akan lebih sehat bagi kuku. Itu salah satu khasiatnya lalau apa lagi ya guys ?

1.       Menyembuhkan beberapa penyakit kulit

Pacar air dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti bisul, kutil, hingga ruam, karena pacar air memiliki zat anti inflamasi. Hanya dengan menhaluskan daun pacar air kemudian dibalurkan ke bisul, niscaya akan segera sembuh.

2.       Menyembuhkan bermacam luka

Pacar air diklaim dapat menyembuhkan luka seperti patah kuku, bengkaka, luka digigit ular tak berbisa, rematik, meredkan memar dan nyeri sendi. Untuk ramuanya bisa dengan menghalusakan bunga dan daunya untuk dibalurkan pada bagian yang sakit.

3.       Mengatasi nyeri haid

Tanaman ini di percaya dapat meringankan nyeri haid, di tambah tanaman ini dapat memperlancar dating bulan pada wanita. Cara meramunya dengan mencampurkan 10 gram daun pacar air, 15 gram umbi rumput teki (cyperus rotundus l.) dan 15 grm temu hitam (curcuma aeruginosa roxb.) yang kemudian di rebus dengan air secukupnya di saring lalau diminum.

4.       Mengatasi keputihan

Banyak wanita mengalmi masalah keputihan yang tak membuat nyaman. Sekarang ledies bisa memanfaatkan tanaman pacar ini nih untuk penyembuhanya. Cara penggunaannya denagn merebus30 gram daun segar tanaman pcar air denagn 600cc air hingga tersisa 300cc lali disaring dan diminum airnya.

5.       Mengobati sakit pinggang, pinggang kaku dan leher kaku

Cocok banget ini unutk kita kita yang sakit untuk bergerak karena penyakit tersebut. Rammuan herbalnya cukup meracik 15 gram akar pacar air, 30 gram akar saw I langit (veronica cinerea (l) lees). 15 gram jahe merah (zingiber officinale, di rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring lalu diminu airnya. Lakukan 2 kali sehari secara teratur.


6.       Mengobati radang usus buntu kronis

Sakit dari adany usus buntu memang sangat menyiksa. Tapi siapa sangka tanaman yang sering di abaikan ini bisa menjadi solusi herbal. Caranya dengan 30 gram herba pacar air, 30 gram daun sambiloto (andrographis panninculata nes ), di rebus dengan 600cc air hingga tersisa 300cc , lalu saring dan minum airnya secara rutin tiap hari

Tanaman pacar air ini mamang memiliki khasiat yang agus bagi kesehatan, namun harus tetap konsultasi pada dokter  bila dalam seminggu belum tampak juga perubahannya. Tetapi pacar air ini dikhususkan sebagai herbal p3k pada luka atau untuk pengobatan alternative jangka pendek, kenapa ? karena jika pemakaianya terlalu lamaakan memunculakn efek sampaing seperti mulut terasa kering (xerostomia), mual (neuse), nafsu makan turun ( anorexia), tetapi akan hilang setelah menurunkan dosisi atau menghentikan pengobatan selama 2-3 hari. pemanfaatan obat herbal tradisional dari pacar air juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil guys ingat itu.

Itulah khasiat dari pacar air yang bisa dengan mudah kita dapatkan bahanya, selain indah dan cantik tanamanya sebagai tanaman hias, ada manfaat  pengobatan yang bisa kita dapatkan dari tanaman pacar air ini.


Wasalam .

Comments

Popular posts from this blog

Semangat Diri

selamat datang di blogku ini adalah tulisan pertama aku, aku akan menulis tentang semangat diri yaitu semangat untuk diri sendiri. diri kita adalah makhluk yang unik dan fleksibel ada kalanya kita lemah ada kalanya kita kuat ada kalanya kita suah dan ada kalanya kita senang dan gembira. bagaimana kita menyemangati diri kita sendiri tanamkanlah bahwa kita bisa melakukan semuanya walaupun kenyataanya tidak demikian tapi untuk menyemangati diri kita tidak apa apa kita seoalah olah bisa melakukan semuanya. ketiak kita down atau berada pada titik dimana kita sudah hampir menyerah berbicaralah pada diri kita bahwa kita bisa lakukan apa saja dan serahkan semua pada hasil akhirnya dan apa bila hasil akhirnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan jangan kecewa yang penting kita sudah berusaha. Terus tanamkan pada diri kita untuk selalu melakukan usaha dan berdoa karena usaha tanpa doa adalah kosong dan doa tanap usaha adalah bohong. ada yang bilang tidak ada usaha yang menghianati hasi

Manfaat Buah Jamblang

Lagi jalan jalan ke kebun lihat tanaman buah nemu buah duwet atau buah jamblang, ternyata buah ini banyak juga ya manfaatnya bagi kita bahkan mungkin tidak akan kita duga sebelumnya karena buah ini biasanya dibiarkan begitu saja karena pohonya yang tinggi jadi sulit untuk mengambil buahnya harus memakai bantuan galah atau bamboo panjang. Buah jamblang atau sering disebut buah duwet adalah buah yang memiliki rasa yang unik dan dengan tampilan yang menawan. Namun sayangnya buah ini kini jarang ditemukan bisa dikatan sulit dan kalau tidak salah sudah termasuk kedalam golongan buah yang langka karena termasuk jarang dibudidayakan. Ada banyak sebutan untuk buah yang satu ini dijawa dikenal denagn nama juwet atau duwet, di minag disebut jambu kalang di aceh disebut jambe kleng dibetawi dan sunda disebut jamblang  dan masih banyak lagi namun di inggris buah ini dikenal dengan nama java pulm dan di filiphina disebuat duhat. Ternyata macam macam ya sebutanya beda daerah beda nega

KERAJINAN DARI BAMBU

Setelah kemarin menulis bambu bisa di jadikan rumah kali ini aku akan menuliskan manfaat bambu yang lainya yaitu sebagai kerajinan tangan. jangan haeran jika anda melancong ke indonesia akan banyak menemui pernak pernik dari bambu mulai dari kursi, tempat tidur, tempat makan, wadah saji, lampu, lampu hias dan masih banyak lagi yang terbuat dari bambu, dan ini banyak kita jumpai hampir di semua tempat di tanah air ini menggunakan bambu. Bambu bukan saja sebagai tanaman pelindung tapi juga sebagai tempat untuk menggantungkan hidup banyak sekali kerajinan yang terbuat dari bambu, ragamnya juga sangat banyak dan setiap daerah akan mempunyai keunikan sendiri sendiri. Untuk membuat kerajinan bambu ini dipotong sesuai ukuran yang diperlukan, ada yang dibuat utuh ada juga yang dibelah dan dibentuk sesui dengan keinginan disini yang di perlukan adalah kreatifitas dari sang pembuat kerajinan amu di apakan bambu ini, mau di bentuk seperti apa. Orang indonesia adalah orang yang k