Skip to main content

KERAJINAN DARI BAMBU

Setelah kemarin menulis bambu bisa di jadikan rumah kali ini aku akan menuliskan manfaat bambu yang lainya yaitu sebagai kerajinan tangan. jangan haeran jika anda melancong ke indonesia akan banyak menemui pernak pernik dari bambu mulai dari kursi, tempat tidur, tempat makan, wadah saji, lampu, lampu hias dan masih banyak lagi yang terbuat dari bambu, dan ini banyak kita jumpai hampir di semua tempat di tanah air ini menggunakan bambu.



Bambu bukan saja sebagai tanaman pelindung tapi juga sebagai tempat untuk menggantungkan hidup banyak sekali kerajinan yang terbuat dari bambu, ragamnya juga sangat banyak dan setiap daerah akan mempunyai keunikan sendiri sendiri.



Untuk membuat kerajinan bambu ini dipotong sesuai ukuran yang diperlukan, ada yang dibuat utuh ada juga yang dibelah dan dibentuk sesui dengan keinginan disini yang di perlukan adalah kreatifitas dari sang pembuat kerajinan amu di apakan bambu ini, mau di bentuk seperti apa.



Orang indonesia adalah orang yang kreatif dari bambu terciptalah kerajinan kerajinan tangan yang unik dan menarik dan memiliki nilai jual dan nilai seni yang tinggi, yang bahkan kitapun tidak pernah memikirkannya karena keunikannya.

Bambu juga sudah menjadi bagian kehidupan sehari hari dari masyarakat kita karena banyak dari perabot yang terbuat dari bambu.

Sebenarnya bambu sudah digunakan atau dibuat kerajinan dari jaman dahulu ratusan tahun yang lalu karena bambu memiliki pertumbuhan yang cepat dan mudah untuk digunakan tidak seprti kayu yang lambat pertumbuhannya dan sulit penggunaanya.

berikut ini beberapa hasil dari kerajinan tangan yang terbuat dari bambu selain yang di atas :











Itulah kerajinan yang memanfaatkan bambu sebagai bahan bakunya, selain unik juga ramah lingkungan, ayo sayangi lingkungan dengan menggunakan produk dari bambu.


Comments

Popular posts from this blog

Semangat Diri

selamat datang di blogku ini adalah tulisan pertama aku, aku akan menulis tentang semangat diri yaitu semangat untuk diri sendiri. diri kita adalah makhluk yang unik dan fleksibel ada kalanya kita lemah ada kalanya kita kuat ada kalanya kita suah dan ada kalanya kita senang dan gembira. bagaimana kita menyemangati diri kita sendiri tanamkanlah bahwa kita bisa melakukan semuanya walaupun kenyataanya tidak demikian tapi untuk menyemangati diri kita tidak apa apa kita seoalah olah bisa melakukan semuanya. ketiak kita down atau berada pada titik dimana kita sudah hampir menyerah berbicaralah pada diri kita bahwa kita bisa lakukan apa saja dan serahkan semua pada hasil akhirnya dan apa bila hasil akhirnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan jangan kecewa yang penting kita sudah berusaha. Terus tanamkan pada diri kita untuk selalu melakukan usaha dan berdoa karena usaha tanpa doa adalah kosong dan doa tanap usaha adalah bohong. ada yang bilang tidak ada usaha yang menghianati hasi

Manfaat Buah Jamblang

Lagi jalan jalan ke kebun lihat tanaman buah nemu buah duwet atau buah jamblang, ternyata buah ini banyak juga ya manfaatnya bagi kita bahkan mungkin tidak akan kita duga sebelumnya karena buah ini biasanya dibiarkan begitu saja karena pohonya yang tinggi jadi sulit untuk mengambil buahnya harus memakai bantuan galah atau bamboo panjang. Buah jamblang atau sering disebut buah duwet adalah buah yang memiliki rasa yang unik dan dengan tampilan yang menawan. Namun sayangnya buah ini kini jarang ditemukan bisa dikatan sulit dan kalau tidak salah sudah termasuk kedalam golongan buah yang langka karena termasuk jarang dibudidayakan. Ada banyak sebutan untuk buah yang satu ini dijawa dikenal denagn nama juwet atau duwet, di minag disebut jambu kalang di aceh disebut jambe kleng dibetawi dan sunda disebut jamblang  dan masih banyak lagi namun di inggris buah ini dikenal dengan nama java pulm dan di filiphina disebuat duhat. Ternyata macam macam ya sebutanya beda daerah beda nega