Skip to main content

Manfaat Buah SIRSAK


Nah beberapa hari yang lalu aku sudah menulis tentang pohon sirsak dan beberap manfaatnya kali ini aku akan menuliskan manfaat dari buah sirsak. Buah sirsak pada umumnya berwarna hijau jika sudah matang warnanya tidak akan berubah tetap berwarna hijau namun yang membedakan sirsak muda dan sirsak sudah masak adalah jika buah sirsak muda warnanya hijau kusam jika buah sirsak sudah tua dan matang kulit buahnya akan kelihatan mengkilat.

 Apa saja manfaat dan yang terkandung dalam buah sirsat, juga kegunaan buah sirsak dalam mengatasi berbagai penyakit.

Sebelum tau manfaatnya mari kita tahu apa saja yang terdapat dalam buah sirsak. berikut uraian kandungan gizi dan kegunaan buah, bunga dan bijinya untuk kesehatan terutama untuk pengobatan kanker, ambeien, sakit liver, bisul, eksim, rematik, sakit pinggang, asam urat dll.

Nama umum : Sirsak/Sirsat
Nama latin    : Annona Muricata
Nama lain     : Soursop (inggris), Corossol atau Anone (perancis), Zuurzak (belanda), gunabana (spanish), graviola (portuguese), brazilian paw paw, corossolier, guanavana, toge banreisi, durian benggala, nangka belanda atau nongko londo dll ternyata banyak juga ya namanya buah srsak ini apapun namanya kalau disini disebut buah sirsak atau sirsat kalau orang jawa bilang nongko londo.

Nah apa saja kandungan gizi buah sirsak ini berikut penjelasanya :
Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. buah sirsak juga mengandung air,setelah air kandungan gizi terbanyak buah sirsak adalah karbohidrat. salah satu jens karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar  81,9 - 93,6 persen dari kandungan gula total.

Buah sirsat mengandung sangat sedikit lemak 0,3g/100g sehingga sangat baik untuk kesehatan. rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil terutama asam malat, asam sitrat dan asam isositrat.

Vitamin yang paling dominan pada buah sirsat adalah vitamin C yaitu sekitar 20mg per 100 gram daging buah.Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).


Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah.

Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.


        Senyawa fitokimia tersebut dipastikan memiliki khasiat bagi kesehatan, walaupun belum semuanya terbukti secara ilmiah. Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).


Sari buah (jus) sirsak di dalam sistem pencerna


Sebuah Studi di Purdue University membuktikan bahwa daun graviola mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker: prostat, pankreas, dan paru-paru. Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini bisa:
Menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo.
Melindungi sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan.
Energi meningkat dan penampilan fisik membaik.


Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, di antaranya kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan pankreas.
Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan.
Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan tidak membahayakan atau membunuh sel-sel sehat.


Resep2 pengobatan tradisional dengan sirsak sbb


1. Pengobatan Kanker.


10 lembar daun sirsak yg tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini katanya sifatnya seperti kemoterapi, bahkan
 lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal.


2 Sakit Pinggang.

20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.


3.  Bayi Mencret.


Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.


4.  Ambeien.


Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.


5. Bisul.


Daun sirsak yang masih muda secukupnya, tempelkan di tempat yang terkena bisul.


6. Anyang-anyangen.


Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.


7. Sakit Kandung Air Seni.


Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.


8. Penyakit Liver.


Puasa makanan lain, hanya minum juice sirsak selama 1 minggu


9. Eksim dan Rematik.


Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit


10. Penyakit Katarak
.
Bunga sirsak dapat digunakan utk menyembuhkan katarak tapi bagaimana penggunaannya saya belom tau.  Kalo saya sudah dapatkan resepnya akan saya tambahkan di sini.


11. Penyakit asam urat 


Buah sirsak yang sudah masah peras dan ambil airnya atau blender dan diminum sehari 2 kali pagi dan malam hari lakukan sampai asam urant kembali normal.


Inilah beberapa manfaat dari buah sirsat bagi kesehatan kita, ternyata buah yang biasanya hanya dimakan begitu saja bahkan dibiarkan membusuk di pohon banyak sekali manfaatnya bagi kita. mulai skarang mari dimanfaatkan.

Comments

Popular posts from this blog

Pohon

Pohon adalah tumbuhan berbatang besar dan tumbuh menjulang tinggi dan bisa tumbuh dimana saja. biasanya pohon sebagai tumbuhan pelindung karena dahan rantingnya yang besar dan rimbun. Pohon mempunyai banyak macam dan jenisnya kalau kita sebutkan satu satu tak akan cukup disini. tapi manfaat pohon adalah sama sebagai pe,lindung juga sebagai penghasil oksigen. kita tahu kalau pohon pada siang hari akan menghasilkan oksigen hasil dari fontoitesis dan jika malam hari akan menghasikan karbondioksida maka dari itu jika kita berada di bahwah pohon saat siang hari tubuh akan menjadi segar dan jika malam hari tubuh akan menjadi lemas. saya disini akan membahas pohon sebagai penghasil oksigen karena itu jangan menebang pohon sembarangan jikalaupun harus menebangnya tanamlah kembali pohon pengganti. satu pohon bisa untuk mencukupi oksigen untuk 3 orang kalau tidak salah kalau salah koreksi ya ? he he he he he, maka poon sangat penting bagi kehidupan kita unuk itu kita harus menjagany

POHON SIRSAT

Pas jalan jalan melihat kebun eh nemu pohon sirsat kalau di sini di sebut nonko londo gak tau kenapa disebut gitu mungkin dikira dari belanda kali ya  he he hehe he. pohon sirsat tumbuh dengan banyak cabang di tempat aku pohon sirsat ini banyak tumbuh subur, namun jarang sekali di tanam secara sengaja biasanya pohon ini tumbuh dengan sendirinya seperti tanaman semak. biasanya pohon sirsat ini akan menghasilakna buah yang bentuknyalonjong dan dikulitnya seperti banyak durinya tapi tidak tajam buahnya berwarna hijau dan jika sudah matang akan berwarna hijau tua mengkilat. rasa buahnya asam manis namun segar dan banyak bijinya warna dalam buahnya putih dan banyak mengandung air, buahnya banyak mengandung vitamin c yang bagus untuk kesehatan. di balik rasa buahnya yang asam manis ternyata buah sirsat banyak mengandung manfaat contohnya untuk penderita asam urat dan pegal linu cukup dengan mengunsumsi buahnya niscaya penyakit asam uran dan pegal linu akan sembuh. selain buahn

Banyak Pohon Bambu Di Kebun

Masih edisi pergi ke kebun beberapa hari yang lalu, setelah sekian lama tidak pernah ke kebun ternyata banyak sekali aku jumpai mulai dari pohon pohon yang sudah besar dan juga ada yang sudah berbuah seperti yang saya ceritakan pada tulisanku yang sebelumnya. Kali ini aku menemukan banyak pohon bambu di kebun, banyak sekali pohon bambu dan kayaknya sudah waktunya di tebang, katanya kalau warna bambu sudah hijau tua begini sudah waktunya di panen. Oh iya bambu ini termasuk kedalam tanaman yang cepet tumbuh dan cepat pula besarnya atau termasuk tanaman terbarukan,karena pertumbuhan bambu ini sangat cepat dan jumlahnya juga banyak. Tahukah kita jika bambu sangat bermanfaat karena mempunyai banyak kegunaan dan sangat mudah di dapatkan karena bambu ini tumbuh subur di sekitar kita. bambu bisa digunakan untuk keperluan sehari hari kita juga untuk berbagai macam kerajinan tangan bahkan di desa desa bambu biasanya dijadikan bahan untuk membuat rumah. Pada jaman dahulu bamb