Skip to main content

Banyak Pohon Bambu Di Kebun


Masih edisi pergi ke kebun beberapa hari yang lalu, setelah sekian lama tidak pernah ke kebun ternyata banyak sekali aku jumpai mulai dari pohon pohon yang sudah besar dan juga ada yang sudah berbuah seperti yang saya ceritakan pada tulisanku yang sebelumnya.

Kali ini aku menemukan banyak pohon bambu di kebun, banyak sekali pohon bambu dan kayaknya sudah waktunya di tebang, katanya kalau warna bambu sudah hijau tua begini sudah waktunya di panen.

Oh iya bambu ini termasuk kedalam tanaman yang cepet tumbuh dan cepat pula besarnya atau termasuk tanaman terbarukan,karena pertumbuhan bambu ini sangat cepat dan jumlahnya juga banyak.

Tahukah kita jika bambu sangat bermanfaat karena mempunyai banyak kegunaan dan sangat mudah di dapatkan karena bambu ini tumbuh subur di sekitar kita. bambu bisa digunakan untuk keperluan sehari hari kita juga untuk berbagai macam kerajinan tangan bahkan di desa desa bambu biasanya dijadikan bahan untuk membuat rumah.

Pada jaman dahulu bambu pada umumnya digunakan untuk membuat rumah dan perabotanya bahkan di jepang dan di cina bambua digunakan sebagai bahan untuk membuat kertas.

Semakin berkembangnya teknologi bambu juga digunakan untuk kerangka casing handphone, laptop, speaker dan lain lain.

Nanti akan aku jabarkan satu persatu untuk apa saja bambu digunakan, untuk sementara sampai disini dulu ya tentang bambunya nantikan kelanjutanya he he he he he he.

Comments

Popular posts from this blog

Semangat Diri

selamat datang di blogku ini adalah tulisan pertama aku, aku akan menulis tentang semangat diri yaitu semangat untuk diri sendiri. diri kita adalah makhluk yang unik dan fleksibel ada kalanya kita lemah ada kalanya kita kuat ada kalanya kita suah dan ada kalanya kita senang dan gembira. bagaimana kita menyemangati diri kita sendiri tanamkanlah bahwa kita bisa melakukan semuanya walaupun kenyataanya tidak demikian tapi untuk menyemangati diri kita tidak apa apa kita seoalah olah bisa melakukan semuanya. ketiak kita down atau berada pada titik dimana kita sudah hampir menyerah berbicaralah pada diri kita bahwa kita bisa lakukan apa saja dan serahkan semua pada hasil akhirnya dan apa bila hasil akhirnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan jangan kecewa yang penting kita sudah berusaha. Terus tanamkan pada diri kita untuk selalu melakukan usaha dan berdoa karena usaha tanpa doa adalah kosong dan doa tanap usaha adalah bohong. ada yang bilang tidak ada usaha yang menghianati hasi

Manfaat Buah Jamblang

Lagi jalan jalan ke kebun lihat tanaman buah nemu buah duwet atau buah jamblang, ternyata buah ini banyak juga ya manfaatnya bagi kita bahkan mungkin tidak akan kita duga sebelumnya karena buah ini biasanya dibiarkan begitu saja karena pohonya yang tinggi jadi sulit untuk mengambil buahnya harus memakai bantuan galah atau bamboo panjang. Buah jamblang atau sering disebut buah duwet adalah buah yang memiliki rasa yang unik dan dengan tampilan yang menawan. Namun sayangnya buah ini kini jarang ditemukan bisa dikatan sulit dan kalau tidak salah sudah termasuk kedalam golongan buah yang langka karena termasuk jarang dibudidayakan. Ada banyak sebutan untuk buah yang satu ini dijawa dikenal denagn nama juwet atau duwet, di minag disebut jambu kalang di aceh disebut jambe kleng dibetawi dan sunda disebut jamblang  dan masih banyak lagi namun di inggris buah ini dikenal dengan nama java pulm dan di filiphina disebuat duhat. Ternyata macam macam ya sebutanya beda daerah beda nega

KERAJINAN DARI BAMBU

Setelah kemarin menulis bambu bisa di jadikan rumah kali ini aku akan menuliskan manfaat bambu yang lainya yaitu sebagai kerajinan tangan. jangan haeran jika anda melancong ke indonesia akan banyak menemui pernak pernik dari bambu mulai dari kursi, tempat tidur, tempat makan, wadah saji, lampu, lampu hias dan masih banyak lagi yang terbuat dari bambu, dan ini banyak kita jumpai hampir di semua tempat di tanah air ini menggunakan bambu. Bambu bukan saja sebagai tanaman pelindung tapi juga sebagai tempat untuk menggantungkan hidup banyak sekali kerajinan yang terbuat dari bambu, ragamnya juga sangat banyak dan setiap daerah akan mempunyai keunikan sendiri sendiri. Untuk membuat kerajinan bambu ini dipotong sesuai ukuran yang diperlukan, ada yang dibuat utuh ada juga yang dibelah dan dibentuk sesui dengan keinginan disini yang di perlukan adalah kreatifitas dari sang pembuat kerajinan amu di apakan bambu ini, mau di bentuk seperti apa. Orang indonesia adalah orang yang k