Skip to main content

CIPLUKAN


Hari ini aku pergi ke sawah karena saat ini musim kemarau jadi sawah tidak di tanami padi tapi jagung, saat sedang melihat lihat jagung aku menemukan banyak sekali tanaman ciplukan ya tanaman ini tidak di tanam tapi tumbuh dengan sendirinya. banyak sekali aku jumpai dan buahnya sudah pada matang rasanya asem manis namun menyegarkan.

Oh iya kalau melihat tanaman ciplukan ini aku jadi ingat pernah membaca sebuah artikel tenetang manfaat dari tanaman ini. yang di manfaatkan bukan hanya buahnya saja tapi daun, batang dan akarnya juga, kasiatnya pun sama.

mungkin banyak dari kita yang tidak menduga bahwasanya daun ciplukan ternyata memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh, bagaimana tidak di dalamnya terkandung berbagai senyawa yang memiliki kasiat luar biasa bagi kesehatan bahkan tak hanya bagian daunya saja buah dan akarnya pun juga di percayai memiliki khasiat yang sama bagusnya.

Ciplukan atau dalam istilah latinya di sebuat dengan nama physialis angulata ini adalah sejejnis tanaman liar yang pada umumnya bisa kita jumpai di persawahan atau di pekarangan rumah. bahkan tanaman yang memiliki nama asing morel berry ini tumbuh subur pada saat petani memulai menanam tanamnya terutama di musim kemarau seperti saat ini.

Tanaman ini bisa sangat mudah kita peroleh dan tinggal memetiknya jika kita tinggal di daerah pedesaan karena memang ini termasuk tumbuhan liar dan siapa saja boleh memetiknya. karena kalau mau di perjual belikan juga tidak laku namun saat ini banyak juga kita jumpai di supermaket mungkin karena kasiatnya jadi tumbuhan ciplikan ini sekarang naik kelas he he he he.

Di Indonesia nama daun ciplukan ini sangatlah bergam setiap daerah memiiki penyebutan sendiri sendiri. Seperti di sumatera daun ciplukan di panggil daun boda, daun kapo-kapo daun lato-lato dan daun latuik-latuik (minangkabau). Berbeda halnya di pulau jawa, daun ciplukan sering kali di sebut cecendet, cecendet kunir, cecenet (Sunda), ceplukan, cecendet sapi, cecendet China (Jawa), yor-yoran (Madura). Dan berbeda lagi di daerah di Indonesia lainnya.

Kandungan dan manfaat ciplukan bagi kesehatan

Salah satu yang menjadi alasan mengapa daun ciplukan beserta tanamannya sangat bekhasiat bagi kesehatan yaitu terletak pada kandungan yang di milikinya. Bahkan beberapa penelitian yang pernah di lakukan seputar tanaman ciplukan mengungkapkan bahwa kandungan daun ciplukan dan seluruh bagian tanamannya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan:

·         Kandungan daun ciplukan: Flavonoid, chlorogenik acid, C27H440-H2O
·         Kandungan tunas ciplukan: Saponin dan flavonoid.
·         Kandungan  buah ciplukan: polifenol, tanin, fisalin, withangulatin A, kriptoxanin, vitamin C dan gula.
·         Kandungan biji Ciplukan: Asam palmitat dan streatat, elaidic acid
·         Kandungan batang ciplukan: Chlorogenuk acid, C27H440-H2O
·         Kandungan akar ciplukan: alkoloid



Nah, dari berbagai kandungan tersebut, dapat kita ketahui berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Dan berikut uraiannya.

1. Berbagai khasiat dan manfaat daun ciplukan

·   Manfaat daun ciplukan untuk payudara. Daun ciplukan di percaya dapat menjaga kesehatan payudara mulai dari mengencangkan hingga mencegah kanker payudara.
·   Manfaat daun ciplukan untuk diabetes atau kencing manis. Dengan mengonsumsi rebusan daun air ciplukan secara runtin, maka dapat menormalkan kadar gula darah, sehingga penyakit kencing manis amnda akan menghilang.
·      Manfaat daun ciplukan untuk hipertiroid dan gondongan. Untuk mengurangi rasa nyeri maupun peradangan yang di sebabkan oleh hipertiroid maupun gondongan, anda bisa memimum rebusan air daun ciplukan secara teratur

Selain dari pada itu, daun ciplukan masih banyak memiliki khasiat untuk kesehatan lainnya. Bahkan tak hanya dapat mencegah kanker payudara, menurut beberapa penelitian kesehatan steroid menyetakan bahwasannya daun ciplukan terbukti ampuh mulai dari melawan dan membunuh sel-sel kanker dan tumor ganas yang ada di dalam tubuh, hingga mengecilkan ukuran tumor maupun kanker tersebut. Manfaat dari daun ciplukan juga sangat bagus untuk mengatasi hernia, flu, kelenjar getah bening, bisulan, mempercepat pengeringan luka borok, pertusis, hingga penyakit berat seperti gejala stroke.

2. Berbagai khasiat dan manfaat buah ciplukan

Buah ciplukan pun ternyata juga memiliki manfaat yang tak kalah luar biasanya dengan daun ciplukan terutama mampu membantu pengobatan penyakit ayan atau epilepsi dan penyakit paru-paru. Selain dari pada itu, kandungan vitamin C yang melimpah yang terdapat di dalam buah ciplukan juga di percaya mampu mengobati sariawan dan juga gusi berdarah.

3. Berbagai khasiat dan manfaat akar ciplukan

Tak kalah dengan berbagai bagian tumbuhan lainnya, akar ciplukan pun nyatanya memiliki khasiat dapat mengatasi berbagai jenis penyakit yang salah satunya adalah dapat mengobati penyakit diabetes.

4. Berbagai khasiat dan manfaat seluruh bagian tanaman ciplukan

Jika nda memiliki keluhan atau gangguan kesehatan berupaka tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit rematik, batuk rejan, bronkitis, gondongan pembengkakan pada buah pelir (pada laki-laki), serta influenza, anda bisa coba mengatasinya dengan seluruh bagian tumbuhan ciplukan ini. Caranya cukup dengan merebus semua bagian dari tanaman ini kemudian konsumsi air rebusannya secara rutin.


Pada umumnya, pengolahan ramuan yang terbuat dari tanaman ciplukan sama yaitu dengan cara di rebus dan air rebusannya di konsumsi. Namun khusus untuk buahnya, selain di rebus terlebih dahulu, anda juga bisa memakannya secara langsung. Dan yang perlu menjadi catatan disini adalah tidak membiarkan ramuan alami dari tanaman ciplukan ini terlalu lama bahkan hingga sehari semalam, karena dapat merusak kandungan yang ada di dalamnya.

Nah itulah manfaat dan kasiat dari tumbuhan ciplukan ini yang pernah aku baca di beberap artikel dan dalam sebuah buku tentang obat herbal tumbuhan semoga bisa menjadi pengetahuan bagi kita dan bisa memanfaatkan tumbuhan ciplukan ini bagi kesehatan kita. semoga ini juga bisa menjadi pencerahan bagi kita juga.

Comments

Popular posts from this blog

Pohon

Pohon adalah tumbuhan berbatang besar dan tumbuh menjulang tinggi dan bisa tumbuh dimana saja. biasanya pohon sebagai tumbuhan pelindung karena dahan rantingnya yang besar dan rimbun. Pohon mempunyai banyak macam dan jenisnya kalau kita sebutkan satu satu tak akan cukup disini. tapi manfaat pohon adalah sama sebagai pe,lindung juga sebagai penghasil oksigen. kita tahu kalau pohon pada siang hari akan menghasilkan oksigen hasil dari fontoitesis dan jika malam hari akan menghasikan karbondioksida maka dari itu jika kita berada di bahwah pohon saat siang hari tubuh akan menjadi segar dan jika malam hari tubuh akan menjadi lemas. saya disini akan membahas pohon sebagai penghasil oksigen karena itu jangan menebang pohon sembarangan jikalaupun harus menebangnya tanamlah kembali pohon pengganti. satu pohon bisa untuk mencukupi oksigen untuk 3 orang kalau tidak salah kalau salah koreksi ya ? he he he he he, maka poon sangat penting bagi kehidupan kita unuk itu kita harus menjagany

POHON SIRSAT

Pas jalan jalan melihat kebun eh nemu pohon sirsat kalau di sini di sebut nonko londo gak tau kenapa disebut gitu mungkin dikira dari belanda kali ya  he he hehe he. pohon sirsat tumbuh dengan banyak cabang di tempat aku pohon sirsat ini banyak tumbuh subur, namun jarang sekali di tanam secara sengaja biasanya pohon ini tumbuh dengan sendirinya seperti tanaman semak. biasanya pohon sirsat ini akan menghasilakna buah yang bentuknyalonjong dan dikulitnya seperti banyak durinya tapi tidak tajam buahnya berwarna hijau dan jika sudah matang akan berwarna hijau tua mengkilat. rasa buahnya asam manis namun segar dan banyak bijinya warna dalam buahnya putih dan banyak mengandung air, buahnya banyak mengandung vitamin c yang bagus untuk kesehatan. di balik rasa buahnya yang asam manis ternyata buah sirsat banyak mengandung manfaat contohnya untuk penderita asam urat dan pegal linu cukup dengan mengunsumsi buahnya niscaya penyakit asam uran dan pegal linu akan sembuh. selain buahn

Banyak Pohon Bambu Di Kebun

Masih edisi pergi ke kebun beberapa hari yang lalu, setelah sekian lama tidak pernah ke kebun ternyata banyak sekali aku jumpai mulai dari pohon pohon yang sudah besar dan juga ada yang sudah berbuah seperti yang saya ceritakan pada tulisanku yang sebelumnya. Kali ini aku menemukan banyak pohon bambu di kebun, banyak sekali pohon bambu dan kayaknya sudah waktunya di tebang, katanya kalau warna bambu sudah hijau tua begini sudah waktunya di panen. Oh iya bambu ini termasuk kedalam tanaman yang cepet tumbuh dan cepat pula besarnya atau termasuk tanaman terbarukan,karena pertumbuhan bambu ini sangat cepat dan jumlahnya juga banyak. Tahukah kita jika bambu sangat bermanfaat karena mempunyai banyak kegunaan dan sangat mudah di dapatkan karena bambu ini tumbuh subur di sekitar kita. bambu bisa digunakan untuk keperluan sehari hari kita juga untuk berbagai macam kerajinan tangan bahkan di desa desa bambu biasanya dijadikan bahan untuk membuat rumah. Pada jaman dahulu bamb